Beli & cinta produk dalam negeri itu suatu keharusan

produk dalam negeriSudah sering mendengar atau melihat kampanye untuk selalu membeli produk dalam negeri dan mencintai produk tersebut, baik dalam media cetak, online  maupun di melalui media elektronik. Pemerintah dan berbagai komunitas pun sangat rajin mendorong masyarakat untuk membeli produk dalam negeri.

Namun tahukah Anda banyak sekali manfaat jika kita membeli produk dalam negeri ?

Manfaat yang diberikan bukan hanya untuk produsen atau penjualnya, namun juga untuk negara kita juga loh, impact nya juga luar biasa, terutama dalam bidang ekonomi. Setidaknya ada 5 hal besar yang bangsa kita dapatkan dari membaiknya daya jual produk lokal.

1. Meningkatkan Pendapatan Negara (Devisa)

Pendapatan negara kita pastinya akan meningkat apabila kita telah melakukan ekspor atau penjualan ke luar negri. Maka dari itu uang yang kita dapat dalam bentuk dollar otomatis akan kita tukarkan ke bank dan secara tidak langsung menambah cadangan devisa bagi negara ini.

2. Menumbuhkan UKM baru

Jika produk dalam negeri diapresiasi, tentunya akan mendorong pertumbuhan UKM didaerah. Karena sebenarnya banyak produk-produk expor yang mampu kita produksi sendiri.

3.  Memperbanyak Lapangan Pekerjaan

Secara logika saja dengan kita membeli produk lokal atau dalam negri ini, makan penjualan dan produksi mereka akan meningkat dan efek dari penjualan dan produksi mereka meningkat maka akan membutuhkan lagi karyawan untuk menunjang produksi dan penjualan tadi, so pasti lapangan pekerjaan juga akan bertambah banyak seiring meningkatkanya daya jual mereka. Dengan meningkatnya jumlah lapangan pekerjaan maka banyak sekali masalah sosial yang teratasi seperti premanisme, tindak pidana kriminal dan masih banyak lagi.

4. Meningkatkan kualitas produk dalam negeri

Dengan mencintai dan membeli produk lokal atau dalam negri ini akan mendorong banyak produsen untuk terus meningkatkan kualitas mereka untuk terus bersaing dengan produsen luar yang memang sudah lama bergerak dalam dunia industri. Intinya, arena industri lokal akan semakin kompetitif dan akan berdampak  langsung  terhadap harga dan kualitas produk. Manfaatnya untuk konsumen juga.

5. Ramah lingkungan

Loh kok bisa?, Salah satunya karena produk lokal tidak menghabiskan banyak bahan bakar untuk distribusinya. Misalnya saja, Apel Malang pastinya menggunakan lebih sedikit bahan bakar ketimbang apel dari Amerika, karena jarak Malang-Jakarta jauh lebih dekat daripada Amerika –Jakarta. So, bahan bakar yang digunakan juga lebih sedikit.

6.  Mengurangi ketergantungan terhadap Dollar

Seperti kita ketahui bersama, semakin banyak produk Import, maka semakin banyak kebutuhan dollar kita, semakin banyak kebutuhan dollar kita, maka semakin banyak pula kebutuhan dollar kita. Memang banyak untung ruginya ketika rupiah kita melemah, tapi kalo bisa menguat kenapa engga.

Alasan utama kita dalam membeli produk luar negri adalah masalah kualitas dan kuantitas dari produk tersebut, tidak dipungkiri lagi produk luar kebanyakan memang terasa lebih berkualitas dan memiliki stok lebih banyak dibanding produk lokal, tapi tunggu dulu, brand brand besar terutama dibidang garmen justru di prduksi di Indonesia, itu menunjukan SDM kita mampu membuat produk dengan kualitas dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *