Cara Memberikan Obat untuk Hewan peliharaan

vitamin anjingBanyak pertanyaan dari pemilik hewan pemula khususnya anjing dan kucing tentang permberian vitamin atau obat kepada hewan peliharaan.

Apakah anjing memerlukan suplemen atau vitamin? Apakah aman bagi anjing?

Sebenarnya hewan peliharaan yang tidak sakitpun memerlukan obat berupa vitamin atau suplemen yang harus diberikan secara teratur selama periode tertentu.

Sangat mudah memberikan obat jika anjing memiliki nafsu makan yang baik. Dengan mencampur obat tersebut kedalam makanan favoritnya, anjing pun dengan lahap memakannya. Namun untuk anjing yang memiliki nafsu makan yang kurang baik atau sedang sakit, sering menolak bahkan melakukan perlawanan saat Anda memberikan obat walaupun sudah diberi perasa ataupun dicampur dengan pet food.

Di artikel ini akan dibahas tips dan trik bagaimana cara memberikan obat pada hewan kesayangan Anda.

Mencampur obat kedalam makanan favoritnya

Jika anjing memiliki nafsu makan yang baik, Anda dapat mencampurkan obat tersebut pada makanannya. Untuk anjing yang nafsu makannya rendah, anda dapat menyisipkan obat pada daging mentah atau matang, pecahkan pil obat menjadi beberap bagian jika ukuran pil obat terlampau besar atau untuk memudahkan pemberian.

Untuk pemberian obat berbentu sirup sebaiknya dicampur dengan makanan yang memiliki aroma yang tajam seperti dog food kalengan atau anda dapat membuat sendiri dengan campuran daging burger, ham ataupun sosis agar bau obat tidak tercium.

Jika rasa obat pahit, anda bisa memberikan tambahan sedikit gula atau madu.

Pemberian Obat Pil Secara Paksa

Anda dapat menaruh pil didekat kerongkongan dengan cara memasukannya dengan tangan anda. Posisikan pil didekat kerongkongan dan diatas lidah. Setelah obat ditaruh ditempat yang benar segera tutup mulut dan tahan beberapa saat sampai anjing mengeluarkan lidahnya beberapa kali.

Jika anjing sudah mengeluarkan lidahnya berarti obat sudah tertelan. Segera berikan minum atau makanan ringan dan perhatikan beberapa saat setelah melepas pegangan, jika obat tidak tertelan atau dimuntahkan maka ulangi kembali cara diatas.

Jangan lupa untuk memuji dan membelai anjing begitu anjing selesai minum obat agar anjing tidak stres dan senang diberi obat.

Pemberian Obat Sirup Secara Paksa

Untuk memudahkan pemberian obat dalam bentuk cair gunakan suntikan yang sudah dicopot jarumnya atau ajka Anda tidak menemukan alat suntik, anda dapat menggunakan pipet yang bisa anda dapat di toko obat atau apotik terdekat.

Pastikan mulut hewan tetap dalam keadaan tertutup, masukan jari jempol tangan kiri anda dibagian paling belakang rahang.

Selipkan alat suntik atau pipet yang berisi obat. Masukan obat perlahan-lahan karena jika terburu-buru atau cepat dapat menyebabkan anjing tersedak.

Secara refleks hewan akan menjilat ketika obat dimasukan secara perlahan, untuk obat yang memiliki rasa manis anjing akan lebih senang.

Setelah selesai, segera berikan makanan ringan yang ia sukai dan berikan pujian agar pemberian obat menjadi hal yang menyenangkan untuknya.

Pemberian obat berupa powder

Anjing dipegang, moncong dipegang dan bibir bawah ditarik keluarr sehingga membentuk seperti kantong. Kemudian obat berupa powder yang telah dilarutkan dapat diteteskan atau dituangkan pada kantong bibir tersebut. Anjing secara reflek akan menelan air larutan tersebut. Sebaiknya posisi kepala agak ke atas agar obat tidak tumpah.

Pemberian obat berupa salep

Bulu disekitar bagian yang akan diobati sebaiknya dicukur dan dibersihkan lalu dioleskan tipis. Agar salep dapat meresap ke dalam kulit lakukan dengan diurut-urut dan ditekan-tekan. Pengobatan yang hanya diolesi saja sehingga salep hanya menempel pada bulu atau kulit saja tidak efektif.

Pemberian obat tetes mata:

Anjing dipegang, moncongnya dipegang (sebaiknya pengobatan ditangani oleh dua orang). Kelopak mata bagian bawah ditarik ke bawah, kemudian mata ditetesi dengan obat tetes secukupnya.

Sesudah cukup kelopak mata yang ditarik dilepas tetapi kepala anjing masih tetap dipegang untuk beberapa menit agar obat tidak tumpah.

Pemberian obat tetes telinga

Sesudah anjing dipegang, telinga anjing dibersihkan dahulu agar kotoran telinga atau cairan dalam telinga itu bersih. Selanjutnya setelah bersih, telinga anjing ditarik ke atas, kemudian ditetesi dengan obat tetes telinga.

 

Bila benar benar anjing membutuhkan pertolongan kita dalam pemberian obat,dan ternyata anjingnya sangat sulit dalam pemberian obatnya karna tidak terbiasa dicekoki. Maka cara lain untuk memudahkan kita dalam pemberian obat yaitu dengan membawanya ke dokter terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *