Pertolongan pertama pada serangan kutu kucing

kutu kucingKutu kucing atau Ctenocephalides, merupakan serangga yang bersifat parasit atau hidup pada tubuh hewan lain.

Diketahui, ternyata kutu kucing tidak hanya menyerah hewan peliharaan, kutu kucing dapat menyerang manusia melalui gigitan. Walaupun tidak menyebabkan infeksi yang cukup serius, namun kulit akan lecet dan gatal.

Parahnya, kutu ini mengakibatkan iritasi hingga infeksi pada kucing kesayangan anda.

Jika Anda melihat tingkah laku hewan kesayangan sering menggaruk pada bagian lehernya, cobalah cari tahu penyebabnya. Apakah ditemukan kutu atau penyebab lain. Kutu tersebut akan terlihat seperti hewan kecil hitam yang bergerak cepat melarikan diri.

Ada beberapa solusi yang wajib anda coba untuk menangani gangguan kutu ringan seperti berikut.

Obat Tetes Anti Kutu Kucing

Banyak macam jenis obat tetes pembasmi kutu kucing yang tersedia di petshop dengan berbagai merk. Cara penggunaaanya yaitu diteteskan ke tengkuk kucing atau pangkal kepala (leher bagian atas), karena kucing tidak bisa menjilat di bagian itu.

Agar kutu tersebut tuntas sebaiknya penggunaan obat ini diulang 1 bulan kemudian, Untuk pencegahannya, pemberian obat tetes bisa anda lakukan 2-3 kali dalam satu tahun. Obat tetes anti kutu ini tidak dianjurkan pada kucing di bawah usia 2 bln. Jangan lupa untuk membaca terlebih dahulu aturan pakainya.

Shampoo Anti Kutu & Jamur

Solusi ini adalah solusi yang paling efektif, karena dengan cara dimandikan kucing Anda dapat menghilangkan kutu serta membuat kucing anda lebih bersih, kutu dapat di basmi sampai telurnya.

Rekomendasi Shampoo I Love My Pet Shampoo

Kalung Anti Kutu

Therapy kutu ini berupa kalung, yang dipasangkan tepatnya dileher kucing yang bisa digunakan kurang lebih sekitar 1 bln, dengan aroma obat yang dikeluarkannya, guna untuk melindungi serta mengusir kutu.

Minyak Telon atau Tawon

Apabila Anda tak ingin menggunakan obat-obat yang dirasa asing, Anda dapat memakai minyak tawon atau minyak telon untuk mengatasi kutu pada kucing. Usapkan minyak tawon atau telon pada bagian yang terkena kutu atau di area sela-sela seperti ketiak kucing. Cara ini cukup aman bagi hewan peliharaan.

Spray Anti Kutu & Bedak Anti Jamur

Obat ini berbentuk botol semprot dan harus digunakan dengan sangat hati-hati. Baca ketentuan dan petunjuk pemakaian dengan teliti. Jangan menyemprotkan langsung ke arah muka, mata, mulut kucing serta kemaluan. Untuk anakan tidak di sarankan.

 

Penjelasan diatas adalah solusi pertolongan pertama pada kucing yang terkena kutu, jika belum lekas membaik, Anda bisa menggunakan jasa grooming. Silakan klik disini untuk mendapatkan jasa grooming terbaik untuk perawatan kesehatan hewan kesayangan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *